Analisis Manajemen Produksi Tahu dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Pabrik Tahu Pak Maksum di Kabupaten Blitar

Authors

  • Istiqomah Dwi Pilianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Nurul Fitri Ismayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.692

Abstract

Seorang pengusaha perlu meningkatkan efisiensi dan efektifitas untuk mencapai tujuan yang sebesar-besarnya. Aspek vital dalam mencapai tujuan pada suatu usaha ada pada pengelolaan produksinya. Suatu usaha akan berkembang dengan baik jika memiliki manajemen yang tepat dan dikelola profesional agar tujuan tercapai sesuai dengan keinginan. Penelitian ini akan meneliti tentang penerapan manajemen produksi tahu dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada Pabrik Tahu Pak Maksum. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan sumber yang mendukung penelitian ini. Hasil dari penelitian memaparkan fungsi manajemen pada pabrik tahu Pak Maksum dilakukan dengan cukup baik. Selain itu hubungan baik antara pemilik dengan karyawan dan karyawan dengan pelanggan mampu menjadi strategi menarik pelanggan. Kesimpulan penelitian ini memaparkan pengembangan pabrik tahu Pak Maksum perlu ditinjau ulang dalam aspek modal, inovasi pengolahan, dan pendistribusian yang kurang menjangkau konsumen.

Published

2022-07-02

How to Cite

Istiqomah Dwi Pilianti, & Nurul Fitri Ismayanti. (2022). Analisis Manajemen Produksi Tahu dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Pabrik Tahu Pak Maksum di Kabupaten Blitar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2163-2171. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.692