Pengaruh Digitalisasi Pembelajaran terhadap Kemandirian Siswa SMK

Authors

  • Roudlotul Jannah Universitas Wahid Hasyim, Indonesia
  • Muhammad Musafikin Universitas Wahid Hasyim, Indonesia
  • Kustianah Kustianah Universitas Wahid Hasyim, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6921

Abstract

Tulisan ini membahas terkait tentang digitalisasi dalam pembelajaran. Kebutuhan akan digitalisasi dalam pembelajaran setidaknya akan membantu pendidik dan anak didik memiliki fasilitas digital yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sekaligus sebagai sarana belajar. Guru dan siswa dapat mengakses informasi yang dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Ada beberapa dampak positif digitalisasi dalam pendidikan salah satu diantaranya adalah memudahkan dalam mendapatkan informasi. Sebagaimana dipahami bahwa dengan internet sekarang ini menjadi sumber informasi dan sumber pengetahuan yang mungkin bisa dinyatakan hampir tidak terbatas. Segala hal yang dibutuhkan akan dengan sangat mudah didapatkan dengan mesin pencari yang tersedia dalam jaringan internet. Guru dan siswa dapat memanfaatkannya untuk memperoleh pengetahuan dan menjawab segala hal yang ingin diketahui hanya dengan sentuhan jari. Melalui digitalisasi telah terjadi revolusi sumber belajar dan sumber pengetahuan yang melimpah dan hampir-hampir tidak terbatas.

Published

2025-02-05

How to Cite

Jannah, R. ., Musafikin, M. ., & Kustianah, K. (2025). Pengaruh Digitalisasi Pembelajaran terhadap Kemandirian Siswa SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1637-1641. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6921