Penerapan Karakter Kedisiplinan melalui Kolaborasi Orangtua Dan Guru terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6928Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan karakter kedisiplinan melalui kolaborasi antara orang tua dan guru terhadap motivasi belajar serta hasil belajar peserta didik kelas VI di SD Al Mujtahidin kota Sorong. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket untuk mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kedisiplinan dengan dukungan kolaborasi intensif antara guru dan orang tua secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Peserta didik menunjukkan perubahan positif dalam sikap seperti ketepatan waktu, kepatuhan terhadap peraturan, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Kolaborasi ini juga mendukung pembentukan lingkungan belajar yang kondusif. Selain itu, pemberian penghargaan, penggunaan media pembelajaran menarik, serta kegiatan belajar berbasis keterampilan turut meningkatkan motivasi belajar peserta didik.