Hubungan Terpaan Live Shopping TikTok Shop dengan Perilaku Pembelian Impulsif pada Generasi Z

Authors

  • Dinda Rizki Anita Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, Indonesia
  • Catur Suratnoaji Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6931

Abstract

Penelitian ini menganalisis hubungan antara terpaan live shopping TikTok pada brand fashion lokal, Ecinos (@ecinos.id), dengan perilaku pembelian impulsif pada generasi Z yang dikenal sebagai digital natives yang mendominasi penggunaan media sosial dan e-commerce. Analisis dalam penelitian ini juga ditinjau menggunakan model AIDA, yaitu model sederhana yang dapat digunakan dalam proses memasarkan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei yang disebarkan ke 100 responden yang berusia 14 hingga 29 tahun dan mengikuti serta pernah menonton live shopping akun TikTok Ecinos (@ecinos.id) setidaknya 1 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara terpaan live shopping dengan perilaku pembelian impulsif pada generasi Z. Timbulnya perilaku pembelian impulsif terjadi karena didorong oleh penawaran khusus dan kemampuan host untuk menciptakan interaksi yang menarik bagi calon konsumen. Data dianalisis menggunakan koefisien korelasi rank spearman dan menujukkan hasil sebesar 0,688 yang berarti bahwa bahwa adanya hubungan yang kuat antara terpaan live shopping TikTok Ecinos (@ecinos.id) dengan perilaku pembelian impulsif. Berdasarkan uji hipotesis, data menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 dan thitung sebear 9,727 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat hubungan antara terpaan live shopping dengan perilaku pembelian impulsif pada generasi Z. Studi ini menggarisbawahi peran media sosial, terutama fitur live streaming, dalam menciptakan perilaku pembelian impulsif kalangan generasi Z.

Published

2025-02-05

How to Cite

Anita, D. R., & Suratnoaji, C. . (2025). Hubungan Terpaan Live Shopping TikTok Shop dengan Perilaku Pembelian Impulsif pada Generasi Z. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1670-1674. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6931