Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berorientasi Role Playing Cerita Cupak Gerantang terhadap Perkembangan Literasi Menyimak Anak Kelompok B di TK Cahaya Kumara Sari

Authors

  • Luh Bella Veronica STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Gede Suwindia STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Made Ari Winangun STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6937

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang pendekatan kontekstual dan model pembelajaran role playing untuk pendidikan anak usia dini, khususnya untuk membantu anak belajar menyimak suatu cerita. Prosedur penelitian meliputi tahap analisis kebutuhan, desain awal dan observasi hingga penilaian akhir. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksperimental. Seluruh 40 siswa dari kelompok B TK Cahya Kumara Sari berperan sebagai partisipan dalam analisis ini. Kelas B2 sebagai kelompok kontrol berjumlah 20 anak, sedangkan kelas B1 sebagai kelompok eksperimen berjumlah 20 anak. Data yang dikumpulkan dengan metode observasi dan instrumen. Data di analisis memakai analisa independent t-tes (uji-t) berbantuan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis, nilai Sig. (2-tailed) yakni 0,000, sehingga nilai signifikansi < 0,05 (5%) maka H0 ditolak serta H1 diterima, yang menandakan ada dampak pendekatan kontekstual berorientasi role playing cerita Cupak Gerantang pada perkembangan literasi menyimak anak di TK Cahya Kumara Sari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendekatan kontekstual dan model role playing dapat membantu anak menyimak dan memahami suatu cerita secara mendalam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Published

2025-02-05

How to Cite

Veronica, L. B., Suwindia, I. G. ., & Winangun, I. M. A. . (2025). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berorientasi Role Playing Cerita Cupak Gerantang terhadap Perkembangan Literasi Menyimak Anak Kelompok B di TK Cahaya Kumara Sari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1800-1805. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6937