Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Vita Kurnia Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Wan Jamaluddin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Listiyani Siti Romlah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Umi Hijriyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Muhammad Mustofa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Rahma Daiani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Agus Faisal Ashya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6944

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penerapan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VIII SMP N 1 Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu, melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. Desain yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banyumas, dan sampel ditentukan menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan uji t SPSS dengan Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC meningkatkan keaktifan peserta didik, sehingga kelas eksperimen memperoleh rata-rata post-test sebesar 88, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang rata-rata post-test-nya 73. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t-independent, nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Banyumas.

Published

2025-02-08

How to Cite

Kurnia, V., Jamaluddin, W. ., Romlah, L. S. ., Hijriyah, U. ., Mustofa, M. ., Daiani, R. ., & Faisal Ashya, A. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1998-2005. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6944