Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis ICT Flip HTML 5 pada Mata Pelajaran Informatika Elemen Literasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6945Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berupa E-Modul interaktif berbasis ICT menggunakan Flip HTML 5 pada elemen Literasi Digital. Sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan oleh peserta didik secara mandiri dan praktis. Pengembangan media pembelajaran E-Modul ini menggunakan pengembangan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hal tersebut menjadikan produk pengembangan menjadi berkualitas. Produl E-Modul melalui uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain. Uji kepraktisan dilakukan dalam tiga kelompok yakni, kelompok kecil, kelompok terbatas, dan kelompok besar. Dilakukan juga uji kepraktisan oleh teman sejawat agar mendapatkan hasil lebih baik. Tahap pengembangan dilakukan uji kelayakan produk oleh tiga ahli dengan mendapatkan hasil sangat valid. Persentase hasil validasi ahli materi 96,67%, ahli media 89,29%, dan ahli desain 92,50%. Ujicoba yang dilakukan teman sejawat mendapatkan hasil rata-rata 96,51% dengan hasil sangat praktis. Ujicoba yang dilakukan pada peserta didik mendapatkan hasil sangat praktis pada kelompok kecil 82,46%, kelompok terbatas 86,32%, dan kelompok besar 93,01%. Berdasarkan uji validasi dan uji kepraktisan dapat disimpulkan e-modul termasuk dalam kategori sangat valid atau layak sebagai sumber belajar peserta didik yang sangat praktis.