Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnig (PjBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 2 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6949Abstract
Mengingat pentingnya keterampilan berpikir kreatif sebagai salah satu kompetensi abad 21, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterampilan tersebut pada siswa kelas X-9 SMAN 2 Palangka Raya. Untuk mencapai tujuan ini, diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Studi ini berhasil membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dapat secara efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Temuan ini diperoleh melalui analisis data kuantitatif yang dikumpulkan menggunakan kuesioner online pada kelompok eksperimen tunggal, dengan menggunakan desain pra-eksperimen one-group pretest-posttest. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest, yaitu pada pretest setiap indikatornya berada pada rentang nilai 71-80 yang termasuk kategori kreatif. Sedangkan hasil postest pada setiap indikatornya berada pada rentang nilai 81-100 yang termasuk kategori sangat kreatif.