Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnig (PjBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 2 Palangka Raya

Authors

  • Nur Rahmadani Muthaharoh Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • M. Ali Sibram Malisi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Abdul Gofur Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6949

Abstract

Mengingat pentingnya keterampilan berpikir kreatif sebagai salah satu kompetensi abad 21, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterampilan tersebut pada siswa kelas X-9 SMAN 2 Palangka Raya. Untuk mencapai tujuan ini, diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Studi ini berhasil membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dapat secara efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Temuan ini diperoleh melalui analisis data kuantitatif yang dikumpulkan menggunakan kuesioner online pada kelompok eksperimen tunggal, dengan menggunakan desain pra-eksperimen one-group pretest-posttest. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest, yaitu pada pretest setiap indikatornya berada pada rentang nilai 71-80 yang termasuk kategori kreatif. Sedangkan hasil postest pada setiap indikatornya berada pada rentang nilai 81-100 yang termasuk kategori sangat kreatif.

Published

2025-02-08

How to Cite

Muthaharoh, N. R. ., Malisi, M. A. S. ., & Gofur, A. . (2025). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnig (PjBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 2 Palangka Raya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2082-2088. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6949