Efektivitas Model Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist

Authors

  • Nur Fadhillah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Rif'atul Khoriyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Muhlishotin Muhlishotin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.698

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah model Crossword Puzzle efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII MTs Miftahul Huda Tanggir Tuban. Penelitian ini juga merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian yaitu  pre-experimental design tipe one shot case study design. Penelitian ini juga melibatkan siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Tanggir Tuban sebagai perlakuan dilakukan oleh guru sehingga penulis bertindak sebagai pengamat. Data hasil penelitian diperoleh melalui lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model Crossword Puzzle serta lembar tes untuk menilai motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Crossword Puzzle untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII MTs Miftahul Huda Tanggir Tuban. Dengan menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product Service Solutions) versi 20 melalui uji one sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,022. Karena nilai 0,022 < 0,05 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima serta peningkatan kemampuan berpikir siswa sebesar 79%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Crossword Puzzle untuk meningkatkan kretivitas berpikir siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII MTs Miftahul Huda Tanggir Tuban.

Published

2022-07-10

How to Cite

Fadhillah, N., Khoriyah, R., & Muhlishotin, M. (2022). Efektivitas Model Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2542-2546. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.698