Manajemen Diklat Metode Tilawati dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Al-Qur’an di Jawa Barat (Studi Penelitian Tilawati Center Jabar 1)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.699Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan oleh Tilawati Center Jabar 1, pembelajaran ini dikhususkan bagi guru dan calon guru Al-Qur’an di berbagai wilayah Jawa Barat terutama di wilayah kota dan kabupaten Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif di Tilawati Center Jabar 1, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh kesimpulan bahwa Tilawati Center Jabar 1 merupakan cabang dari Tilawati pusat, metode Tilawati merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yang berkemabng di Indonesia dengan memiliki kekhasan dalam model pembelajarannya. Tilawati Center Jabar 1 memfokuskan kegiatannya untuk upaya peningkatan kualitas guru Al-Qur’an. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai Diklat yang berjenjang. Dengan diklat-diklat yang diselenggarakan diharapkan mampu meningkatkan kualitas para guru Al-Qur’an di wilayah kota dan kabupaten Bogor.