Inovasi Layanan Inklusif di Pondok Pesantren Khusus Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus sebagai Model Pendidikan Berbasis Kebutuhan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6999Abstract
Keberhasilan layanan pendidikan inklusif di pesantren khususnya untuk anak-anak berkebutuhan khusus terletak pada berbagai inovasi yang telah diterapkan, termasuk kurikulum yang disesuaikan, pendekatan pembelajaran holistik, dan dukungan komprehensif untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pesantren Islam telah berhasil menerapkan model pendidikan inklusif berbasis kebutuhan, serta dampaknya terhadap perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif, menggunakan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data utama. Informan dipilih berdasarkan kriteria yang relevan dengan penelitian. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, tampilan, dan verifikasi data. Model pendidikan inklusif yang diterapkan di pesantren Islam berfokus pada penyediaan layanan pendidikan yang dapat mengakomodasi kebutuhan semua anak penyandang disabilitas, baik dalam hal kebutuhan belajar maupun perkembangan setiap individu, tanpa diskriminasi. Studi ini memberikan kontribusi penting untuk memperkaya pemahaman tentang inovasi layanan pendidikan inklusif dalam konteks pendidikan agama berbasis kebutuhan khusus, khususnya di Indonesia. Hasil penelitian ini memiliki implikasi luas untuk pengembangan kebijakan pendidikan inklusif, praktik pembelajaran, dan pengembangan profesional guru, terutama dalam konteks pesantren.