Implementasi Model Problem Based Learning dengan Media Proyektor pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti di SMK Negeri 3 Buduran

Authors

  • Yudistira Putra Harum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Ainun Nadlif Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7003

Abstract

Model pembelajaran sangat mempengaruhi daya tangkap peserta didik, pada SMK Negeri 3 Buduran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, model pembelajaran rata-rata masih cenderung menggunakan metode konvensional dimana metode tersebut masih terpaku pada guru, buku ajar, dan papan tulis, hal ini cenderung kurang efektif dikarenakan peserta didik merasa bosan dan terkesan monoton. Maka penelitian ini akan menerapkan model Problem Based Learning dimana model tersebut mengajak peserta didik aktif secara kelompok maupun individu. Metode yang akan diterapkan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, maka peneliti akan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media proyektor di SMK Negeri 3 Buduran, serta membuat peserta didik antusias dan mudah memahami materi selama proses pembelajaran, selain itu kegiatan juga telah disiapkan sejak awal, dari kegiatan pembuka hingga penutup.

Published

2025-02-08

How to Cite

Harum, Y. P. ., & Nadlif, A. . (2025). Implementasi Model Problem Based Learning dengan Media Proyektor pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti di SMK Negeri 3 Buduran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1960-1968. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7003