Analisis Penggunaan Aplikasi Canva dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Pada Penerapan Kurikulum Merdeka oleh Guru Sekolah Dasar di Kota Jambi

Authors

  • Siti Aminah Universitas Jambi, Indonesia
  • Talitha Salsabila Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi Canva dalam penerapan Kurikulum Merdeka oleh guru sekolah dasar di Kota Jambi dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Studi dilakukan di tiga sekolah dasar, yaitu SD Negeri 1/IV, SD Negeri 28/IV, dan SD Negeri 15/IV, dengan melibatkan seluruh guru sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Performance Expectancy dan Effort Expectancy berpengaruh signifikan terhadap niat guru untuk menggunakan aplikasi Canva. Sebaliknya, faktor Social Influence dan Facilitating Condition tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun aplikasi Canva dianggap bermanfaat dan mudah digunakan, dukungan sosial serta fasilitas yang memadai masih kurang memengaruhi adopsinya. Penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan intensif bagi guru dan penyediaan infrastruktur pendukung oleh sekolah untuk meningkatkan penggunaan aplikasi Canva. Studi ini memberikan kontribusi praktis dan teoritis dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi adopsi teknologi dalam pendidikan berbasis Kurikulum Merdeka.

Published

2025-02-05

How to Cite

Aminah, S., & Salsabila, T. . (2025). Analisis Penggunaan Aplikasi Canva dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Pada Penerapan Kurikulum Merdeka oleh Guru Sekolah Dasar di Kota Jambi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1860-1866. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7017