Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual, Motivasi Belajar, dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas di Sekolah SPK
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7021Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media audiovisual, motivasi belajar, dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Prime One School Medan. Perkembangan pesat teknologi media audiovisual telah membuka peluang baru dalam pembelajaran, namun studi empiris menunjukkan masih adanya kesenjangan antara potensi teknologi ini dengan peningkatan prestasi siswa secara signifikan. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan teknik pengambilan sampel acak terhadap 101 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan media audiovisual yang tepat dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa. Motivasi belajar juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, menunjukkan bahwa motivasi yang tinggi mendorong siswa untuk lebih giat belajar. Namun, gaya belajar tidak menunjukkan pengaruh signifikan dalam penelitian ini. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menyarankan agar SMA Prime One School meningkatkan integrasi media audiovisual dalam proses pembelajaran serta mengembangkan program-program yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, serta mengembangkan model pembelajaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa yang beragam.