Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi di SD SPK
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7026Abstract
SD SPK PrimeOne School adalah sekolah SD SPK terbesar di Kota Medan. Sekolah yang menyediakan pembelajaran bertaraf internasional dengan harga yang affordable. Kinerja guru SD SPK PrimeOne School menunjukkan peningkatan sejak tahun ajaran 2019/2020 hingga 2023/2024. Selama lima tahun ini, tidak ada nilai kinerja guru yang dibawah rata-rata. Adanya program pemilihan Competent teacher dan Best of the Best teacher, turut meningkatkan kinerja guru. Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah yang mendukung, mengayomi guru yang dibawahi turut berperan penting pada kinerja dan motivasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja guru melalui motivasi di SD SPK PrimeOne School Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling jenuh terhadap 30 guru SD kelas 4-6 SD sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan situasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Gaya kepemimpinan situasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Terdapat pengaruh tidak langsung dari gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja guru melalui variabel intervening motivasi. Sebagai kesimpulan, gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru melalui peningkatan motivasi kerja. Oleh karena itu, disarankan agar kepala sekolah dapat terus mengembangkan gaya kepemimpinannya agar lebih adaptif terhadap situasi dan kebutuhan guru, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pendidikan di sekolah.