Pembelajaran STEM Sederhana Berbasis Budaya Lokal: Proses Fermentasi Tempe sebagai Media Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar Fase A

Authors

  • Mimah Mimah Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7027

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) berbasis budaya lokal melalui praktikum pembuatan tempe sebagai media pengembangan keterampilan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar fase A. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif dengan analisis data deskriptif yang mendalam tentang implementasi pembelajaran STEM berbasis budaya lokal, melibatkan 60 peserta didik kelas 1 SD Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur, termasuk 10 peserta didik berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, termasuk dalam analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah. Selain itu, pendekatan ini menciptakan pembelajaran inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus.

Published

2025-03-08

How to Cite

Mimah, M., & Hadi, M. S. . (2025). Pembelajaran STEM Sederhana Berbasis Budaya Lokal: Proses Fermentasi Tempe sebagai Media Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar Fase A. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3308-3312. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7027