Pembelajaran STEM Sederhana Berbasis Budaya Lokal: Proses Fermentasi Tempe sebagai Media Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar Fase A
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7027Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) berbasis budaya lokal melalui praktikum pembuatan tempe sebagai media pengembangan keterampilan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar fase A. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif dengan analisis data deskriptif yang mendalam tentang implementasi pembelajaran STEM berbasis budaya lokal, melibatkan 60 peserta didik kelas 1 SD Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur, termasuk 10 peserta didik berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, termasuk dalam analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah. Selain itu, pendekatan ini menciptakan pembelajaran inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus.