Pengaruh Motivasi Kerja, Kecerdasan Emosional, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Strada Cabang Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7054Abstract
Kinerja guru merupakan hasil yang dicapai oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, kecerdasan emosional, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru di SD Strada Cabang Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengolah data primer melalui kuesioner dalam bentuk Google form yang disebarkan kepada seluruh guru SD Strada Cabang Bekasi sebanyak 130 responden. Data yang diperoleh lalu diolah menggunakan SPSS versi 27. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik dengan regresi linier berganda. Dari hasil yang didapat menunjukkan bahwa motivasi kerja (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja (Y), sedangkan kecerdasan emosional (X2) dan budaya sekolah (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD Strada Cabang Bekasi. Untuk hasil uji simultan, motivasi kerja (X1), kecerdasan emosional (X2), dan Budaya Sekolah (X3) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) atau bersifat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi dalam hal: 1) Pemberian apresiasi dan pengakuan yang konsisten terhadap kinerja dan keterlibatan guru khususnya bagi guru yang menunjukkan inisiatif yang tinggi. 2) peningkatan kualitas dengan membuka forum dialog berkala untuk mendengarkan aspirasi, saran dan masukan yang berguna serta 3) pembuatan jadwal rapat dan diskusi secara rutin sehingga guru dapat saling berbagi pengalaman. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel, teori, dan metode lain dengan jumlah responden yang lebih berfokus pada satu atau dua sekolah saja.