Efektivitas Model Sinektik Berbasis Ekokritik dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7058Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model sinektik berbasis ekokritik dalam pembelajaran menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII MTs Darul’Ulum Muhammadiyah Galur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Sumber data penelitian ini yaitu peserta didik MTs Darul’Ulum Muhammadiyah Galur Kulonprogo kelas VIIA dan B yang mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia pada tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan kuasi-eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita fantasi yang ditulis dalam kelompok kelas eksperimen memiliki kualitas yang baik dari aspek isi, struktur teks, kebahasaan, memuat tema ekokritik, unsur fantasi, dan penulisan. Skor hasil belajar rata-rata pretest kelompok kelas eksperimen dalam menulis cerita fantasi yaitu 74,59, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional yaitu 71,31. Berbeda dengan hasil posttes yang dilakukan pada kelas kontrol, hasil rata-rata menulis cerita fantasi menggunakan metode konvensional sebesar 76,23 sedangkan kelas eksperimen dengan perlakuan sebesar 86. Hasil uji analisis homogenitas pada pretest dengan metode konvensional diperoleh 0,701 > 0,05. Selain itu pada nilai Sig-2tailed sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model sinektik berbasis ekokritik efektif digunakan dalam menulis cerita fantasi dibandingkan dengan metode konvensional.