Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Krearifitas Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMAN 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7059Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMAN 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu pada kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, yaitu penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh dari perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi terkendali. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, pengujian reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, da uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode mind mapping yang dilakukan dikelas XI MIA1 di SMA Negeri 2 Rambah Hilir menunjukan respon positif dari siswa. Terdapat pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreatifitas siswa pada pembelajaran sejarah di SMAN 2 Rambah Hilir. Hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai thitung 2,87 >2,015 pada taraf signifikan 5%. Metode pembelajaran mind mapping sangat berpengaruh terhadap kreatifitas siswa pada pembelajaran sejarah di SMAN 2 Rambah Hilir. Hal ini terlihat pada rata-rata hasil angket kreatifitas siswa yang diterapkan dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode mind mapping lebih tinggi yaitu 81,3, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah memiliki rata-rata 79,2.