Pemasaran Media Sosial sebagai Media Pemasaran Usaha Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7066Abstract
Program pengabdian masyarakat Desa Tanjung Burung “Pemasaran Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Usaha Kuliner” bertujuan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat, meningkatkan kemahiran pelaku usaha terhadap platform digital, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya kuliner lokal. Pengabdian tersebut diadakan di Desa Tanjung Burung yang memiliki banyak potensi kuliner tradisional namun belum banyak dikenal karena terbatasnya akses promosi. Dua tujuan utama dariprogram ini adalah instruksi dalam membuat materi orisinal untuk platform Instagram dan TikTok dan memberikan konseling mengenai nilai media sosial sebagai alat untuk mempromosikan masakan. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan dalam pemahaman dan kemahiran masyarakat dalam menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran. Rata- rata skor pra-tes meningkat dari 43 menjadi 100 setelah mengikuti instruksi, yang menunjukkan hal ini. Pengetahuan dan kemampuan masyarakat diharapkan dapat dimanfaatkan dalam mempromosikan kuliner tradisional sebagai daya tarik lokal dan meningkatkan pendapatan asli daerah. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap penggunaan media sosial sebagai media promosi di Desa Tanjung Burung di tingkat lokal dan nasional sekaligus memastikan bahwa pemahaman dan pengetahuan akan promosi di media sosial akan membantu usaha kuliner masyarakat.