Meningkatkan Keterampilan Sosial melalui Metode Berkelompok pada Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7067Abstract
Keterampilan sosial anak merupakan kemampuan dalam merespon dengan baik lingkungan sekitarnya sedangkan keterampilan sosial adalah kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, berbagi, berpartisipasi, dan beradaptasi keterampilan ini juga dapat dikatakan sebagai pengetahuan tentang memahami perasaan seseorang, dan dapat mengetahui apa yang terjadi pada diri orang lain, kemampuan sosial ini sangat penting bagi anak -anak terutama anak di KB/TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Gedagan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan agar anak-anak di KB/TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Gedangan ini bisa memiliki kemampuan keterampilan sosial terhadap sesama teman. Kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan keterampilan sosial anak dapat didapatkan dari metode berkelompok. Adapun hasil dari kegiatan berkelompok diketahui mulai dari Pra- siklus 42%, Siklus I 57% kemudian Siklus II 85,7%. Dengan melakukan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak meningkat pada setiap harinya.