Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Universitas Riau)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7069Abstract
Dalam perkembangan zaman yang sangat pesat dan semakin modern pada saat ini mengakibatkan munculnya berbagai jenis e-commerce dengan menjamurnya e-commerce tersebut akan membuat persaingan antar e-commerce juga sangat ketat. Setiap e-commerce harus meningkatkan lagi hal-hal yang bisa menarik konsumen sehingga konsumen akan melakukan keputusan pembelian pada e-commerce itu sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada e-commerce. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportionated stratified random sampling, sehingga ditetapkan 63 mahasiswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara langsung. Data dianalisis dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, brand awareness dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce. Jika konsumen memiliki brand awareness yang tinggi dan didukung dengan kualitas produk yang baik pada e-commerce, maka akan meyakinkan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian pada e-commerce. Brand awareness tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, artinya brand awareness tidak mempunyai potensi yang kuat untuk mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian pada e-commerce. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, semakin tinggi kesan atau penilaian konsumen terhadap kualitas produk di Shopee, maka semakin meningkat pula keputusan pembelian di e-commerce tersebut.