Program Pre-vokasional Tata Boga Melalui Game Edukasi Bersumberdaya Keluarga untuk Anak dengan Hambatan Kecerdasan

Authors

  • Amalia Fauziah Hermawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Enung Siti Sadiyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Oom Sitti Homdijah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riksma Nurahmi Rianti Akhlan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7070

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan program pre-vokasional tata boga berbasis game edukasi untuk anak dengan hambatan kecerdasan di SLB C Budaya Bangsa. Program ini dirancang untuk meningkatkan motorik halus, khususnya kekuatan otot tangan, sebagai persiapan sebelum melatih keterampilan tata boga secara intensif. Penelitian menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan asesmen anak serta keluarga. Intervensi dilakukan dengan pendekatan berbasis keluarga, menggunakan media sederhana seperti playdough, kertas berpola, dan alat dapur sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kekuatan motorik halus anak setelah mengikuti program, yang memengaruhi kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas praktis tata boga. Orang tua menunjukkan penerimaan penuh terhadap kondisi anak dan aktif dalam pelaksanaan program, meskipun masih memelukan panduan lebih lanjut untuk melanjutkan intervensi secara mandiri. Program ini juga berhasil meningkatkan keterampilan praktis anak dalam memasak, memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan vokasional ke tahap selanjutnya. Penelitian ini merekomendasikan penguatan peran orang tua melalui intervensi berbasis keluarga yang terintegrasi dengan dukungan dari sekolah dan komunitas. Dengan pendekatan ini, anak-anak dengan hambatan kecerdasan diharapkan dapat mencapai kemandirian yang lebih baik dan benkontribusi di lingkungan sosialnya.

Published

2025-02-04

How to Cite

Hermawan, A. F., Sadiyah, E. S. ., Homdijah, O. S. ., & Akhlan, R. N. R. . (2025). Program Pre-vokasional Tata Boga Melalui Game Edukasi Bersumberdaya Keluarga untuk Anak dengan Hambatan Kecerdasan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1520-1524. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7070