Analisis Kompetensi Sosial Guru Berdasarkan Dukungan Sosial dan Budaya Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7071Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh dukungan sosial terhadap kompetensi sosial guru SMK Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru; (2) mendeskripsikan pengaruh budaya sekolah terhadap kompetensi sosial guru SMK Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru; (3) mendeskripsikan pengaruh dukungan sosial dan budaya sekolah terhadap kompetensi sosial guru SMK Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis Ex post facto. Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru yang berjumlah 168 orang, dengan sampel 118 orang, setelah dihitung menggunakan rumus Slovin. Uji coba penelitian dilakukan kepada 30 orang guru di luar sampel penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket atau kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teknik analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS (statistical package for social science) Versi.23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan sosial dan budaya sekolah terhadap kompetensi sosial guru SMK Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru baik secara simultan maupun parsial.