Pegaruh Media Spinning Wheel Game terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7073Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Spinning Wheel Game terhadap kemampuan mengingat huruf Hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian menggunakan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest dengan sampel 11 anak TK-A. Data dikumpulkan melalui tes formatif mengingat huruf Hijaiyah sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni secara numerik ataupun grafis dan inferensial yakni uji T-Pairedsample test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan mengingat huruf Hijaiyah anak (t=7,946; p<0,000). Media pembelajaran Spinning Wheel Game efektif meningkatkan kemampuan mengingat huruf Hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun.