Analisis Implikasi Filsafat Progresivisme dalam Mengembangkan Literasi Anak Usia Dini

Authors

  • Khusnul khotimah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mochamad Nursalim Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Lamijan Hadi Susarno Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7076

Abstract

Filsafat progresivisme menekankan pentingnya pengalaman dan pembelajaran kontekstual sebagai landasan pengembangan kemampuan literasi pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi pendekatan progresivisme dalam membangun keterampilan literasi, dengan fokus pada hubungan antara pengalaman belajar yang aktif dan ketercapaian kemampuan literasi fungsional. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik studi kepustakaan yang mendalam, melibatkan analisis kritis terhadap literatur yang relevan. Tahapan penelitian mencakup identifikasi konsep filsafat progresivisme, pengumpulan data sekunder, serta analisis data menggunakan teknik interpretasi filosofis dan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi progresivisme dalam pendidikan anak usia dini efektif meningkatkan literasi fungsional anak melalui pendekatan berbasis pengalaman, pembelajaran aktif, dan penyesuaian metode pembelajaran terhadap minat anak. Diskusi lebih lanjut menyoroti pentingnya peran pendidik sebagai fasilitator dan penggunaan media pembelajaran kontekstual untuk memperkaya pengalaman belajar anak.

Published

2025-02-05

How to Cite

khotimah, K. ., Nursalim, M. ., & Susarno, L. H. . (2025). Analisis Implikasi Filsafat Progresivisme dalam Mengembangkan Literasi Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1726-1732. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7076