Strategi Komunikasi Pemasaran Jokopi Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7077Abstract
Perkembangan pada industri kopi di Indonesia mengalami peningkatan pesat terjadi hampir di seluruh kota-kota besar salah satunya di Surabaya. Dengan banyaknya usaha pada industri kopi menjadikan banyak munculnya produk pesaing sehingga hal tersebut membuat para pengusaha di bidang ini perlu menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang efektif sebagai sarana dari perusahaan untuk meningkatkan kesadaran merek dan minat beli konsumen. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Jokopi Indonesia Group melalui bauran pemasaran yang dilakukan dalam mengelola seluruh gerai di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan objek penelitian berupa strategi komunikasi pemasaran dan subjek penelitian berasal dari Jokopi Surabaya, data pada penelitian ini didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teori Marketing Mix 7P (Product, Price, Promotion, People, Process, Place, Physical Evidence) yang diperkenalkan Booms dan Bitner (1981). Hasil penelitian menunjukkan secara umum Jokopi telah menjalankan strategi komunikasi pemasaran yang penting dalam mendukung keberhasilan pada industri kopi melalui beberapa strategi yang diterapkan. Strategi tersebut dilakukan melalui penggunaan bahan yang berkualitas serta penamaan produk yang simpel, penetapan harga yang stabil dengan melakukan efisiensi bahan baku, promosi yang dilakukan melalui media sosial dengan interaksi positif yang diberikan, serta pemilihan lokasi kedai yang dilakukan berdasarkan riset pada kebiasaan pelanggan yang menjadi unique selling. Hal tersebut membuat Jokopi memiliki keunikan tersendiri yang dapat membedakan mereka dari produk pesaing.