Perencanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Islam di SMP IT Amalia Cibinong

Authors

  • Ninik Setyorini Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7087

Abstract

Pendidikan Islam merupakan suatu sistem pendidikan yang didasarkan pada ajaran dan nilai-nilai agama Islam. Tujuan utama dari pendidikan Islam adalah membentuk individu muslim yang taat beragama, berakhlak mulia, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan yang sesuai dengan ajaran Islam. Untuk mencapai tujuan yng diinginkan maka sebuah perencanaan yang baik adalah sebuah keniscayaan. Jika perencanaan dilakukan dengan baik, sesungguhnya setengah dari keberhasilan sudah tercapai, selanjutnya setengahnya kemudian ditentukan oleh pelaksanaan dari pembelajaran tersebut. Maksudnya, meskipun perencanaan sudah disusun dengan baik dan sistematis tetapi bila dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan perencanaan, kemungkinan tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Oleh karena itu, perencanaan yang baik dan pelaksanaan yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Proses pembelajaran adalah inti dari rangkaian siklus pembelajaran dari mulai tujuan, perencanaan, proses, evaluasi, dalam hal ini proseslah lah yang menentukan tercapai atau tidaknya sebuah tujuan.

Published

2025-03-02

How to Cite

Setyorini, N. ., Mujahidin, E. ., & Andriana, N. . (2025). Perencanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Islam di SMP IT Amalia Cibinong. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2459-2463. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7087