Pendekatan Konstruktivisme: Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Aktif di Sekolah

Authors

  • Aliffia Teja Prasasty Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Yeni Handayani Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Henny Suharyati Universitas Pakuan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7091

Abstract

Pendekatan konstruktivisme merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan siswa aktif dalam belajar langsung dengan membentuk pengetahuan baru yang dikonstruksi dari makna dan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan konstruktivisme dalam pelaksanaan pembelajaran aktif di Sekolah terhadap peningkatan hasil belajar berdasarkan jurnal-jurnal ilmiah yang dipublikasikan terindeks SINTA selama lima tahun terakhir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tinjauan pustaka terhadap 23 artikel jurnal yang bersumber dari Google Scholar dan Publish or Perish. Pendekatan konstruktivisme dapat dikaitkan dengan lingkungan sekitar. Hasil tinjauan literatur berupa klasifikasi untuk penelitian di mata pelajaran Matematika, Sains, IPS, Agama Islam, Bahasa Arab, dan Fisika. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat diintegrasikan dengan model pembelajaran seperti model   pembelajaran   Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL), dan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Berdasarkan penelitian tersebut penerapan pendekatan konstruktivisme dapat melatih, meningkatkan, dan memberikan efek positif terhadap keterampilan-keterampilan di abad 21, seperti keterampilan berpikir kritis, menulis, membaca, komunikasi, kerja sama dan keterampilan kreatif.

Published

2025-02-08

How to Cite

Prasasty, A. T. ., Handayani, Y. ., & Suharyati, H. . (2025). Pendekatan Konstruktivisme: Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Aktif di Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2048-2054. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7091