Analisis Pengaruh Kualitas Akademik dan Kompetensi Pengajar terhadap Keputusan Masyarakat Mengikuti Kursus Melalui WOM (Word of Mouth) pada Kursus Shimeta Education Center Palembang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7092Abstract
Pada era globalisasi, pendidikan nonformal, seperti kursus menjadi alternatif penting lainnya dalam meningkatkan kualitas diri di masyarakat, khususnya dibidang bahasa asing, kemampuan bahasa asing menjadi salah satu kebutuhan soft-skill yang perlu dikembangkan di era global saat ini. Penelitian ini dilakukan di Kursus Shimeta Education Center Palembang dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas akademik dan kompetensi guru terhadap keputusan masyarakat mengikuti kursus di Shimeta Education Center dengan intervening WOM (Word of mouth). Sampel penelitian berjumlah 138 siswa- siswi serta alumni yang pernah menjalankan pendidikan di Shimeta Education Center, program bahasa Jepang, Mandarin dan korea. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling (non-Probalitas). Data yang diperoleh melalui kuesioner Google Form yang disebarkan melalui WhatsApp group siswa-siswi aktif dan alumni Shimeta Eduction Center. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program Smart-PLS versi 3.3.2. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas akademik berpengaruh positif terhadap word of mouth (WOM) sedangkan kompetensi guru tidak berpengaruh signifikan terhadap word of mouth (WOM). Kualitas akademik, kompetensi guru dan word of mouth (WOM) berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengikuti kursus. Kualitas akademik berpengaruh positif terhadap keputusan mengikuti kursus melalui word of mouth (WOM) sedangkan kompetensi pengajar tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengikuti kursus di Shimeta Education Center melalui word of mouth (WOM).