Urgensi Filsafat Ilmu dalam Meneguhkan Integritas dan Etika Profesi Dosen

Authors

  • Rina Marlia Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Siti Wahyuni Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Henny Suharyati Universitas Pakuan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7099

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi filsafat ilmu dalam meneguhkan integritas dan etika profesi dosen di perguruan tinggi. Filsafat ilmu dipercaya memiliki peran penting dalam membentuk sikap ilmiah dosen, yang berpengaruh langsung pada penerapan etika akademik serta menjaga integritas dalam kegiatan pengajaran dan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, dengan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan tentang filsafat ilmu dan etika profesi dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman filsafat ilmu dapat meningkatkan kesadaran dosen akan nilai-nilai penting seperti integritas, kejujuran, dan objektivitas dalam profesinya. Dosen yang memiliki pemahaman filsafat ilmu cenderung lebih mampu menghadapi dilema etika, menjaga kredibilitas akademik, dan menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa dalam menjalankan etika akademik. Selain itu, filsafat ilmu memberikan dasar yang kuat bagi dosen untuk berpikir kritis, rasional, serta mampu mengatasi tantangan yang muncul dalam dunia akademik. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini menyarankan agar pendidikan filsafat ilmu menjadi bagian dari pengembangan profesional dosen, guna memperkuat integritas dan etika profesi di dunia pendidikan tinggi. Dengan pemahaman filsafat ilmu yang lebih mendalam, diharapkan dosen dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta membentuk iklim akademik yang lebih etis dan berintegritas.

Published

2025-03-02

How to Cite

Marlia, R., Wahyuni, S., & Suharyati, H. . (2025). Urgensi Filsafat Ilmu dalam Meneguhkan Integritas dan Etika Profesi Dosen. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2476-2481. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7099