Analisis Kualitas Pembelajaran pada Masa Tatap Muka Terbatas (Tmt) SDN 2 Gunem Rembang 2021-2022

Authors

  • Ari Nanda Yunita Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Sumarwiyah Sumarwiyah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.710

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di SD Negeri 2 Gunem melalui indikator yang dirumuskan serta mendapatkan kesimpulan. Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang dapat mengukur suatu keadaan, proses, dan hasil yang kemudian dapat dilakukan kesimpulan untuk keefektifan dan mutu (Hamdani, 2010: 193). Indikator kualitas pembelajaran dari Depdiknas (Prasetyo, 2013) yaitu antara lain: 1) Perilaku Seorang Pendidik (Guru), 2) Perilaku atau aktivitas siswa, 3) Iklim pembelajaran, 4) Materi pembelajaran, 5) Media pembelajaran, dan 6) Sistem pembelajaran. Penelitian akan dilaksanakan di SD Negeri 2 Gunem dengan fokusnya kualitas pembelajaran pada masa terbatas pada kelas 2 di SD Negeri 2 Gunem. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan naturalistik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan beberapa siswa kelas 2 SD Negeri 2 Gunem. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dari Miles dan Huberman yang menurut keduanya tahapan analisis data kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Published

2022-07-09

How to Cite

Yunita, A. N., Sumarwiyah, S., & Rondli, W. S. (2022). Analisis Kualitas Pembelajaran pada Masa Tatap Muka Terbatas (Tmt) SDN 2 Gunem Rembang 2021-2022. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2494-2504. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.710