Implementasi Platform Magic School Berbasis AI untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah

Authors

  • Neneng Afiah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mohammad Sholeh Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mohammad Syaidul Haq Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Kaniati Amalia Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mochamad Nursalim Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7104

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak implementasi platform magic school berbasis AI terhadap kualitas pengajaran dan kinerja guru. Untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh dan komprehensif mengenai pembahasan ini, telah dilakukan studi literatur. Desain Penelitian Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (literature review) yang bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan dengan implementasi platform magic school berbasis AI dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan kinerja guru. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi platform magic school berbasis AI menguntungkan secara signifikan dalam meningkatkan personalisasi dan aksesibilitas pembelajaran, kolaborasi dan interaktivitas antara guru dan siswa, serta mendukung pengelolaan kelas yang efektif. Namun, beberapa kendala harus diatasi seperti kesiapan infrastruktur teknologi, kompetensi digital guru, dan adaptasi kurikulum. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan pemerintah berinvestasi dalam penyediaan infrastruktur teknologi yang memadai dan mengadakan pelatihan berkelanjutan bagi para guru. Dengan dukungan yang tepat, Implementasi platform magic school berbasis AI memiliki potensi besar untuk mengubah lanskap pendidikan menuju pendekatan yang lebih adaptif dan inovatif khususnya di era digital.

Published

2025-02-10

How to Cite

Afiah, N., Sholeh, M. ., Haq, M. S. ., Amalia, K. ., Khamidi, A. ., & Nursalim, M. . (2025). Implementasi Platform Magic School Berbasis AI untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2213-2216. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7104