Computataional Thinking dalam Pengembangan Berpikir Matematis di Sekolah Dasar

Authors

  • Lia Irawati Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7106

Abstract

Computational thinking (CT) berperan penting dalam pengembangan kemampuan berpikir matematis di sekolah dasar. CT mengajarkan siswa untuk memecah masalah kompleks menjadi bagian yang lebih sederhana melalui prinsip-prinsip seperti dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma. Proses ini membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dengan lebih baik, serta memecahkan masalah secara lebih terstruktur dan logis. Dengan mengintegrasikan CT dalam pembelajaran matematika, siswa tidak hanya mengasah keterampilan matematis mereka, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis. Keterampilan ini sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di dunia yang semakin berbasis teknologi. Pendekatan ini juga mendukung pengembangan kemampuan berpikir abstrak yang esensial dalam memecahkan masalah matematika yang lebih kompleks. CT memberi siswa landasan yang kuat dalam berpikir sistematis dan terorganisir, serta kemampuan untuk mengenali pola dan merumuskan solusi berbasis algoritma. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menganalisis berbagai sumber yang relevan mengenai penerapan CT dalam pengembangan kemampuan berpikir matematis. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip CT dalam pembelajaran matematika berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan, memperkuat kemampuan berpikir matematis siswa, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi perkembangan teknologi di masa depan.

Published

2025-02-13

How to Cite

Irawati, L. ., & Hadi, M. S. . (2025). Computataional Thinking dalam Pengembangan Berpikir Matematis di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2358-2364. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7106