Pengembangan Multimedia Interaktif “Math Undar” untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Peserta Didik SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7110Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah (1) menghasilkan multimedia interaktif yang layak untuk mendukung pembelajaran Matematika terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kemandirian peserta didik SD, (2) menganalisis efektivitas multimedia interaktif yang layak untuk mendukung pembelajaran Matematika terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik SD, dan (3) menganalisis efektivitas multimedia interaktif yang layak untuk mendukung pembelajaran Matematika terhadap kemandirian peserta didik SD. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Pada tahap Define, peneliti melakukan penetapan, pengumpulan informasi, menganalisis kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam pembelajaran. Selanjutnya tahap Design, peneliti melakukan perancangan multimedia interaktif “MATH UNDAR” untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kemandirian peserta didik SD. Pada tahap Development, menghasilkan produk akhir media pembelajaran berupa multimedia interaktif “MATH UNDAR” setelah melalui proses revisi berdasarkan masukan dari para ahli dan data hasil uji coba. Tahap Dissemination merupakan kegiatan penyebaran produk. Peneliti melakukan pelatihan tentang penggunaan multimedia interaktif, selanjutnya melakukan uji coba lapangan untuk mengambil data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif layak dan efektif digunakan untuk mendukung pembelajaran Matematika terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik SD. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.