Peningkatan Keterampilan Menyimak dengan Media Digital Storytelling pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mas roro Diah Wahyu Lestari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Pebby Pradita Pertiwi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dengan penggunaan media digital storytelling pada siswa kelas IV SDN Beji Timur 01 Depok Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah partisipan sebanyak 9 orang yang terdiri 6 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis Mc Taggart yang dilakukan 3 siklus dalam pelaksanaannya. Tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, hasil tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pratindakan memperoleh presentase ketuntasan klasikal siswa yakni 33,33% dimana sebanyak 6 siswa belum memperoleh nilai KKM, setelah pelaksanaan siklus I meningkat dengan memperoleh presentase ketuntasan klasikal siswa 55,55% dimana sebanyak 4 siswa belum memperoleh nilai KKM, siklus II memperoleh presentase ketuntasan klasikal siswa 66,66% dimana sebanyak 3 siswa belum memperoleh nilai KKM, dan pada siklus III memperoleh presentase ketuntasan klasikal siswa 88,88% dimana sebanyak 1 orang siswa belum mencapai nilai KKM. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan terjadi peningkatan keterampilan menyimak siswa dengan penggunaan media digital storytelling.

Published

2025-02-09

How to Cite

Lestari, M. roro D. W. ., & Pertiwi, P. P. . (2025). Peningkatan Keterampilan Menyimak dengan Media Digital Storytelling pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2133-2141. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7125