Implementasi Asesmen Sumatif pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas IX MTsS Raudhatul Islam Aceh Tenggara

Authors

  • Putri Halimaini K Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ade Ilfah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Radhinal Abdullah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nurmawati Nurmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7147

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi asesmen sumatif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IX MTsS Raudhatul Islam Aceh Tenggara. Kajian ini meliputi analisis terhadap teknik penilaian yang digunakan, kendala yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi asesmen sumatif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas IX MTsS Raudhatul Islam Aceh Tenggara dilakukan dengan menggunakan teknik tes pilihan ganda, tes esai, serta praktik membaca Al-Qur’an dan menghafal hadits. Adapun kendala yang dihadapi dalam implementasi asesmen sumatif di MTsS Raudhatul Islam meliputi keterbatasan waktu, kemampuan siswa yang berbeda-beda, serta keterbatasan media belajar. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru di MTsS Raudhatul Islam meliputi latihan rutin, melakukan remedial dan perhatian khusus, serta menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar.

Published

2025-03-03

How to Cite

K, P. H. ., Ilfah, A. ., Abdullah, R. ., & Nurmawati, N. (2025). Implementasi Asesmen Sumatif pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas IX MTsS Raudhatul Islam Aceh Tenggara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2916-2927. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7147