Analisis Perilaku Pembelian Pelanggan berdasarkan Pemasaran Media Sosial dan Keterlibatan Aktif Pelanggan Generasi Z dan Milenial
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7151Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pembelian berdasarkan pemasaran media sosial dan keterlibatan aktif pelanggan generasi Z dan Milenial. 175 pengguna aktif media sosial yang membeli produk kecantikan khususnya generasi Z dan Milenial menjadi sampel penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan survei kuesioner melalui google form dan diolah dengan metode regresi pendekatan mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung pemasaran media sosial dan keterlibatan aktif pelanggan pada perilaku pembelian. Secara rinci, pengaruh langsung pemasaran media sosial pada perilaku pembelian (49.1%) lebih besar daripada pengaruh tidak langsung pemasaran media sosial pada perilaku pembelian melalui keterlibatan aktif pelanggan (13,7%).