Studi Deskriptif Penggunaan Pengajaran Bahasa Komunikatif dalam Pengajaran Berbicara pada Siswa Kelas Delapan di MTs Roudlotusysyubban Pati Tahun Ajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7155Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan pembelajaran bahasa komunikatif dalam pelajaran berbicara untuk siswa kelas delapan di MTs Roudlotusysyubban Pati pada tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas delapan yang terlibat dalam pelajaran berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa komunikatif dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa, khususnya dalam mengungkapkan ide, menggunakan bahasa yang tepat, dan berinteraksi dalam konteks sosial. Pelajaran berbicara yang diterapkan dengan pendekatan komunikatif memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih secara aktif dan membantu mereka memahami pentingnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dalam penerapan metode ini meliputi keterlibatan siswa, kreativitas guru dalam merancang kegiatan pembelajaran, dan penggunaan media yang relevan. Di sisi lain, tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan waktu dan variasi kemampuan komunikasi siswa. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa pengajaran berbicara dengan pendekatan pembelajaran bahasa komunikatif efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MTs Roudlotusysyubban Pati.