Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran PPKn melalui Aplikasi Jagaratu

Authors

  • Dwi Wahyu Fitriyani Program Studi PPKn, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Nani Mediatati Program Studi PPKn, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.716

Abstract

Digital learning adalah metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan di bidang pendidikan karena pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan diadakan pebelajaran tatap muka. Metode ini kurang lebih sudah diterapkan selama 2 tahun, akan tetapi dilapangan banyak terdapat kendala. Kendala yang ditemui tersebut adalah motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah selama pembelajaran PPKn. Oleh sebab itu maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Welding 2 melalui aplikasi Jagaratu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan angket dengan teknik analisi deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn melalui aplikasi Jagaratu terbukti efektif. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan sebesar 73% dibandingkan sebelumnya yang hanya mencapai 47% dari seluruh siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukan sebesar 67% dibandingkan sebelumnya hanya sebesar  47%  mencapai nilai KKM  75 dari seluruh siswa.

Published

2022-07-08

How to Cite

Fitriyani, D. W., & Mediatati, N. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran PPKn melalui Aplikasi Jagaratu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2443-2448. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.716