Studi Literatur Penggunaan Media Pop-Up Book pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7174Abstract
Studi Literatur Penggunaan Media Pop-Up Book pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar
Usia peserta didik sekolah dasar ada di masa operasional konkret, dimana peserta didik akan lebih mudah memahami materi pelajaran jika mereka dapat melihat dan menggunakannya secara langsung. Dalam belajar matematika peserta didik harus banyak melaksanakan keterkaitan agar peserta didik lebih memahami konsep. Untuk itu diperlukan media belajar nyata. Penggunaan media pop up book merupakan salah satu media yang menarik dan dapat membantu peserta didik dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kualitas penggunaan media pop up book pada mata pelajaran matematika sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan beberapa artikel yang berkaitan dengan judul penelitian dari tahun 2021 -2024. Teknik analisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif melalui studi pustaka, hasil analisis berupa data deskriptif dalam bentuk kalimat tertulis dan hasil tindakan yang diamati dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti sebelumnya. Hasil penelitian ini adalah bahwa kajian tentang penggunaan media pop up book pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar dapat dihubungkan dengan variabel-variabel yang berbeda seperti keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran, daya tangkap materi, minat belajar, motivasi, kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil kajian dari beberapa artikel dapat diketahui bahwa penggunaan media pop up book memberikan pengaruh yang positif terhadap pembelajaran matematika sekolah dasar dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik bagi peserta didik.