Pengaruh Kesiapan dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK: Studi pada Mata Pelajaran Produktif Administrasi Keuangan dengan Metode PJBL di SMK Negeri 3 Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7181Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode eksperimen dengan subjek penelitian sebanyak 153 siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 3 Bojonegoro. Proses pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket yang digunakan terdiri dari 40 item untuk mengukur kesiapan belajar siswa dan 40 item untuk menilai motivasi belajar siswa yang dievaluasi menggunakan Skala Likert 5 poin. Capaian belajar siswa ditentukan berdasarkan nilai yang diperoleh melalui penerapan metode Project Based Learning (PJBL). Analisis data yang terkumpul menggunakan serangkaian uji statistik, meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, serta uji T untuk hubungan parsial dan uji F untuk hubungan simultan. Hasil penelitian ini menemukan beberapa temuan penting. Pertama, kesiapan belajar berpengaruh signifikan terhadap capaian belajar, ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0,000 yang berada di bawah ambang batas 0,050. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dan motivasi belajar siswa, dengan nilai p sebesar 0,000. Terakhir, motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap hasil belajar siswa, sebagaimana dibuktikan oleh nilai p yang sama sebesar 0,000. Berdasarkan temuan ini, beberapa rekomendasi diajukan. Siswa didorong untuk meningkatkan kesiapan belajar mereka dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai, memanfaatkan media pembelajaran, dan melakukan evaluasi diri secara teratur. Guru disarankan untuk secara aktif memotivasi siswa, yang dapat membantu mereka mencapai kinerja akademik yang lebih baik. Selain itu, peneliti masa depan disarankan untuk menyelidiki variabel lain yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa di luar kesiapan belajar dan motivasi.