Evaluasi Supervisi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Authors

  • A. Muammar Sholahuddin Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7190

Abstract

Artikel ini membahas tentang kontribusi evaluasi supervisi manajerial menggunakan model CIPP dalam membangun Mutu pendidikan di dua situs SMP Al-Furqon dan SMP Qur’an Al-Muanawiyah Jombang. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengawasan manajerial bekerja dengan baik menggunakan CIPP yaitu Konteks, Input, Proses dan Produk. Hasil pembahasan penelitian ini adalah konteks evaluasi berjalan dengan baik di kedua sekolah, input evaluasi juga sama, berjalan dengan baik di kedua sekolah, yang ketiga adalah proses evaluasi, yang mengakibatkan adanya perbedaan antar sekolah, sekolah kurang manajemen sumber daya manusia dan kekurangan infrastruktur yang baik, dan yang terakhir tentang evaluasi produk, penelitian ini menghasilkan hasil yang sama baiknya dengan produk yang baik tetapi dalam hal yang berbeda, baik dalam persaingan dan baik dalam manajemen. Artikel ini menjelaskan jika supervisi manajerial dapat dikelola dengan baik, maka hasil pendidikan akan meningkat seiring dengan pendidikannya.

Published

2025-03-02

How to Cite

Sholahuddin, A. M. ., Riyanto, Y. ., & Roesminingsih, E. . (2025). Evaluasi Supervisi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2482-2488. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7190