Pengembangan Model Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Berkelanjutan Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Kompetensi Penelitian dan Publikasi Ilmiah

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi model pelatihan peningkatan kompetensi guru berkelanjutan dalam penelitian dan publikasi ilmiah. Metode penelitian ini adalah Research and Development yang mengadopsi model pengembangan Plomp yaitu; (1) fase investigasi awal; (2) fase desain; (3) fase realisasi; (4) fase tes, evaluasi dan revisi; dan (5) fase implementasi. Sedangkan evaluasi model pelatihan mengikuti empat tahap, yaitu: (1) reaction; 2) learning; (3) behavior; (4) results. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pelatihan yang dikembangkan efektif dengan peningkatan rerata skor pretest 2.99 dan postest 3,48, serta nilai signifikansi uji non-parametrik Two Tailed Sample Test menggunakan Wilxocom (0,000) < ? (0,050). Model pelatihan peningkatan kompetensi guru berkelanjutan berbasis kompetensi untuk meningkatkan kompetensi penelitian dan publikasi ilmiah dinyatakan valid, efektif dan praktis berdasarkan validasi ahli, ujiba One to One, uji coba Small Group, uji coba lapangan. Kesimpulan: Model pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penelitian dan publikasi ilmiah. Implikasi penelitian ini adalah perlunya penerapan model serupa secara luas untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Published

2025-03-02

How to Cite

Pengembangan Model Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Berkelanjutan Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Kompetensi Penelitian dan Publikasi Ilmiah. (2025). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2520-2529. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7195