Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab pada Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7197Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemerosotan karakter di Indonesia yang disebabkan oleh pergeseran sosial kultur: 1) kurangnya rasa tanggung jawab; 2) disiplin yang rendah. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) memiliki tujuan untuk mengoptimalkan pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang menggambil lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Singaraja, penentuan subjek penelitian secara purposive sampling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pada kegiatan (P5) menggunakan strategi terdiferensiasi yang dapat memaksimalkan kebutuhan peserta didik dan juga kebutuhan sekolah; (2) Pelaksanaan (P5) melalui tahap perencanaan, aksi dan evaluasi dan hasil implementasi membuktikan (P5) dapat membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab peserta melalui projek pembuatan mini vlog, poster/brosur, infografis dan makalah; (3) Tantangan, hambatan dan solusi ada (P5 yakni tantangan dalam menyusun, memahami modul P5, hambatan yang terjadi pada jadwal, solusi sekolah mengadakan workshop, dan merancang jadwal yang terstruktur.