Pengaruh Visual Thinking Strategy in Augmented Reality (ViTSAR) untuk Meningkatkan Reflective Thinking Skills Siswa pada Materi Gelombang Cahaya
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7198Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melakukan uji efektivitas pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Visual Thinking Strategy in Augmented Reality (ViTSAR) terhadap peningkatan reflective thinking skills siswa pada materi gelombang cahaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI dengan menggunakan kurikulum merdeka di SMAN 1 Baros. Sampel penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI-5 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas XI-4 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah soal tes essay berindikator reflective thinking skills, angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reflective thinking skills siswa mengalami perubahan dengan persentase indikator pada reacting sebesar 52%, comparing 29% dan contamplanting 33%. Berdasarkan uji t yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai uji t sebesar ????????????????????????? = 4,343 dengan nilai Signifikansi 0,000 artinya nilai t signifikan (p=0,000 < 0,005). Hasil respon siswa terhadap mengfasilitasi pembelajaran menggunakan ViTSAR sangat baik memperoleh hasil sebesar 85% sehingga media pembelajaran ini dapat meningkatkan reflective thinking skills siswa khususnya pada pembelajaran fisika materi gelombang cahaya.