8 Upaya Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan Penerapan model Pembelajaran TGT di SMKN 1 Woja

Siti Nur Hamilah

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar siswa dengan penggunaan model Pembelajaran TGT Pada Siswa Kelas XII/-TKR Mata pelajaran Bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Woja Semester I Tahun 2017/2018, manfaat secara tidak langsung yang diperoleh dari penelitian ini adalah meningkatkan profesionalisme guru dengan terus berinovasi adag siswa semakin aktif dan termotivasi dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yang ditetapkan Kelas XII-TKR SMKN 1 Woja tahun pelajaran 207/20I8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I yaitu: rata-rata 78,00 menjadi 80,20; daya serap 80,20% menjadi 80,20%; ketuntasan klasikal dari 78,50% pada siklus
II mencapai 87,50 %, Berdasarkan uraian dua siklus pembelajaran membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan model TGT di atas dapat dirumuskan beberapa simpulan. Pertama, metode TGT cukup efektif dipergunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa membedakan fakta dan opini dari berbagai laporan lisan. Kedua, metode TGT cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan atau hasil belajar membedakan fakta dan opini dari berbagai laporan lisan. Ketiga, metode TGT cukup efektif meningkatkan partisipasi siswa dalam kelompok belajar. Keempat, metode TGT cukup efektif meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran membedakan fakta dan opini dari berbagai laporan lisan.

Published

2019-12-30

How to Cite

JIIP, R. (2019). 8 Upaya Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan Penerapan model Pembelajaran TGT di SMKN 1 Woja: Siti Nur Hamilah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 346-350. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/71