Implementasi Learning Management System Berbasis Moodle dengan Project Based Learning pada Mata Pelajaran TIK Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7212Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Learning Management System (LMS) berbasis Moodle sebagai media pembelajaran di SMK PSM 1 Kawedanan. Penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran. Selain itu, implementasi LMS berbasis Moodle terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tujuan dari sistem ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa secara menyeluruh, meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan praktis. Moodle dipilih sebagai platform utama karena kemampuannya dalam mengorganisir berbagai kegiatan belajar. LMS ini menawarkan berbagai fitur seperti pengelolaan materi pembelajaran, penugasan proyek, sarana kolaborasi melalui forum diskusi dan kerja kelompok, serta penilaian yang dilakukan secara otomatis maupun manual. Dengan demikian, aplikasi ini memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran di SMK PSM 1 Kawedanan, khususnya dalam mendukung pembelajaran yang lebih terstruktur dan interaktif.