Implementasi Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7224Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran berbasis problem based learning untuk mendukung kemampuan memecahkan masalah peserta didik terhadap mata pelajaran akidah akhlak di SMK Muhammadiyah 1 surabaya. Seorang pendidik mengharuskan pembelajaran menggunakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik namun pada kenyataannya sebagian besar pendidik masih menggunakan pembelajaran yang membosankan sehingga peserta didik merasa bosan dan tidak fokus. Dari fenomena tersebut, saya menyajikan model pembelajaran berbasis problem based learning untuk mendukung memecahkan masalah peserta didik sebagai bagian dari pendekatan pembelajaran untuk peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif eskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang melibatkan 35 peserta didik di kelas X. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pmbelajaran berbasis problem based learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak dalam contoh pengalaman di kehidupan nyata serta meningkatkan antusias dan motivasi dalam pembelajaran, selain itu, model pembelajaran ini memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif bagi peserta didik, sehingga mereka dapat lebih mudah memahami materi. Pendidik juga terbantu dengan model pembelajaran problem based learning yang mempermudah pemahaman yang lebih dalam bagi peserta didik, Penelitian ini menyimpulkan bahwa impemntasi pembelajaran berbasis problem basedlearning dapat mendukung memecahkan masalah peserta didik.