Penerapan Coaching dan Mentoring dalam supervisi Akademik sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7225Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan coaching dan mentoring dalam supervisi akademik sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dua Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Lembata. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini mengamati implementasi supervisi berbasis coaching dan mentoring di lingkungan pendidikan dengan keterbatasan sumber daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan coaching dan mentoring secara signifikan meningkatkan kompetensi pedagogis guru, memperkaya variasi metode pembelajaran, serta mendorong pemanfaatan teknologi dalam proses pengajaran. Selain itu, pendekatan ini terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran inovatif dan mendorong refleksi profesional yang berkelanjutan. Integrasi coaching dan mentoring menciptakan lingkungan supervisi yang kolaboratif dan responsif terhadap kebutuhan individual guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa supervisi akademik berbasis coaching dan mentoring dapat berkontribusi secara efektif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, terutama di daerah dengan keterbatasan sumber daya, sehingga dapat diadaptasi sebagai model pengembangan profesi guru di wilayah lain dengan karakteristik serupa.